Your Ad Here

Thursday, June 14, 2012

Tentang Indahnya Tendangan Bebas Pirlo

Tentang Indahnya Tendangan Bebas Pirlo
Poznan - Andrea Pirlo memberi hiburan tersendiri sebagai pencetak gol pertama lewat tendangan bebas pada gelaran EURO 2012 , yang mana itu adalah spesialiasi gelandang tumpuan Italia itu.

Gol itu dibuat Pirlo saat timnya berduel melawan Kroasia tadi malam, Kamis (14/6/2012), atau di pertandingan ke-13 Piala Eropa 2012.

Dari depan kotak penalti sisi kanan Kroasia, menyusul pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Mario Balotelli, Pirlo dengan jitu merancang garis edar bola ke tengah kepala dua pemain Kroasia yang menjadi pagar hidup. Tendangan lengkungnya mengarah ke tiang dekat, jatuh setinggi pinggang, dan itu sudah cukup untuk menembus gawang tanpa bisa dicegah kiper Stipe Pletikosa.

Statistik Opta menyebut, itu bahkan gol tendangan bebas pertama yang tercipta lagi di pertandingan Piala Eropa sejak 2004, atas nama pemain Republik Ceko, Marek Heinz, saat pertandingan melawan Jerman.

Fakta lain, Pirlo memang tidak menyumbang banyak gol untuk Gli Azzurri. Dari 85 caps ia cuma menghasilkan 10 gol. Tapi, lima yang terakhir -- sejak 2006 -- ia cetak lewat eksekusi bola mati: 3 dari tendangan bebas langsung, dua dari penalti.

Tentang free kick Pirlo ke gawang Kroasia tadi malam, walaupun Italia akhirnya ditahan imbang 1-1, situs Guardian memberi pujian yang indah buat gelandang 33 tahun itu dalam live commentary-nya:

GOL! Italia 1-0 Kroasia. (Pirlo 39). Sebuah gol yang sangat berkelas. Italia mendapatkan tendangan bebas yang lunak di ujung areal, di antara tengah dan kiri kotak penalti, setelah Balotelli dilanggar Rakitic. Pirlo selalu jadi master tendangan dari jarak 18.00001 yard, dan dia melakukannya lagi dengan sebuah tendangan bebas yang cantik, yang melewati pagar dan langsung ke sudut tiang dekat. Pletikosa sudah mencoba menjangkaunya tapi tidak bisa. Sebuah tendangan bebas yang halus dari salah satu pesepakbola paling elegan di dunia. Sesungguhnya itu bukanlah sebuah tendangan bebas (free-kick). Anda tak bisa menyebut itu tendangan. Itu sebuah elusan bebas (free-caress).

Sumber : detik.com

0 comments:

Post a Comment

Site Search