Your Ad Here

Thursday, June 14, 2012

Del Bosque Pilih Torres karena Kecepatannya

Del Bosque Pilih Torres karena Kecepatannya
Gdansk - Ada yang berbeda dalam starting XI Spanyol kala menghadapi Republik Irlandia. Ada Fernando Torres di sana. Usai laga, Vicente del Bosque menjelaskan dimainkannya Torres sebagai starter.

Sesungguhnya, dimainkannya Torres sebagai starter bukanlah sebuah hal yang mengherankan. Namun, mengingat ia tak dimainkan sebagai starter pada laga perdana melawan Italia, maka ada perubahan skema formasi dan taktik dari Del Bosque.

Pada laga melawan Italia, Del Bosque memilih formasi 4-3-3 tanpa striker. Ia memasang Andres Iniesta, Cesc Fabregas, dan David Silva sebagai pengisi formasi "3" di depan. Tak ada satu pun di antara ketiganya yang berposisi asli sebagai penyerang. Del Bosque memainkan taktik "false 9" dengan maksud bisa menarik keluar barisan bek Italia dari zonanya.

Pada kelanjutannya, keberanian Del Bosque bermain tanpa penyerang dipuji sekaligus dikritik. Dipuji lantaran ia berani menggunakannya, dikritik lantaran Spanyol dianggap kekurangan daya gedor karena tak ada yang menyelesaikan deretan operan ciamik mereka.

Lalu, pada laga melawan Irlandia, Del Bosque memilih untuk mencadangkan Fabregas dan memainkan Torres sebagai starter. Pilihan ini terbukti jitu. Torres mencetak dua gol, dan baru digantikan oleh Fabregas setelahnya. Torres, disebut Del Bosque, dipilih lantaran ia punya kecepatan dan pergerakannya pun bagus.

"Kami memiliki kepercayaan yang sama dengan Fabregas seperti empat hari yang lalu. Namun, kami juga masih memiliki senjata yang lainnya," ujar Del Bosque seperti dilansir Reuters.

"Fernando Torres adalah salah satu pilihannya. Kami dominan dalam menguasai bola dan kami bisa memanfaatkan kecepatan serta pergerakannya," lanjutnya.

Dengan tambahan dua gol itu, Torres kini sudah mencetak 30 gol dalam 95 penampilan bersama timnas. Torehan golnya untuk Spanyol cuma kalah dari Villa (51) dan Raul Gonzalez (44).

"Kami mendominasi penguasaan bola malam ini dan kami merasa Fernando akan jadi pemain yang bisa memanfaatkan itu. Dia adalah pemain yang bisa memaksimalkan ruang dengan kecepatan penetrasi," kata Del Bosque lagi.

Sumber : detik.com

0 comments:

Post a Comment

Site Search